Sebenarnya 'Passion' Kita itu apa sih?

Sumber: Mbah Google.com

Ellow Kengkawan Sekalian!
Semoga kalian dan kita semua selalu dalam keadaan baik-baik saja~

Dalam artikel kali ini, gw mau sedikit berbagi tentang apa yang gw tangkap dari 3 video yang ngga sengaja gw tonton beberapa menit yang lalu.
"How To Change Your Bad Habits - The Easiest Way"

Dari video ini gw mendapatkan rekomendasi lainnya, dan gw pilih...
"How To Find Your Passion"

Dan akhirnya gw memutuskan untuk menonton satu video terakhir dari jajaran video rekomendasi yang muncul, yaitu:
"Stop searching for your passion | Terri Trespicio | TEDxKC".

Disini gw mau ngejelasin secara detail namun singkat tentang kronologi kenapa gw bisa nonton video-video tersebut dan langsung menulis artikel tentang Passion di Blog ini.

Video Pertama

How To Change Your Bad Habits
Sumber: Youtube.com


Entah darimana asalnya video ini tiba-tiba muncul di salah satu jajaran video rekomendasi di Youtube di akun gw. Seinget gw, satu-satunya channel youtube yang membahas tentang motivasi bla.. bla.. bla.. itu cuma "Jay Shetty", selebihnya selalu gw skip yang mungkin karna gw kurang sreg sama konten dan penyampaian video lainnya itu. Juga pada dasarnya, sejak duduk di bangku SMA, gw kurang suka sama video atau seminar motivasi-motivasi begituan, entahlah~ menurut gw, motivasi terbesar yah kemauan untuk berubah dari diri sendiri sih~ sampai sekarang!


Singkat cerita, gw klik kanan video tersebut untuk membukanya di tab baru, karena pada saat itu yang gw tonton adalah video tentang game "Dota 2", gw tonton abis video Dota 2 yang lagi gw tonton, dan langsung gw buka tab dimana video pertama ini siap diputar. Dan alasan kenapa gw bisa sampai mengklik video rekomendasi yang satu ini, karena jujur gw lagi berada dalam kondisi kebiasaan keseharian yang benar-benar buruk, semoga bisa dapat sedikit pencerahan dengan menontonnya.

Isi Video Pertama menceritakan tentang pengalaman si pembuat video ketika dia berhasil melepas dirinya dari kebiasaan buruk yang biasa dia lakukan dalam kesehariannya, dan beuh!!! isi video ini pas banget dengan kondisi gw saat ini. Akhirnya gw tonton semuanya, dengan bantuan subtitle Bahasa Inggris otomatis dari Youtube, Alhamdulillah gw bisa paham dengan semua isi video itu. Gw dengan status gw yang masih "Pengangguran", bener-bener ngerasa dengan semua kebiasaan buruk dan kurang bermanfaat (kurang produktif) yang biasa gw lakukan selama ini.

Dari sini juga mulai gw jabarkan, mana kebiasaan keseharian gw beberapa bulan ini yang bener-bener ngga berguna sama yang punya potensi produktif ke depannya. Gw dapatkan beberapa hal~ yang paling bahaya dari hal yang menurut gw kurang berguna, yakni "Terikat dalam Belenggu Youtube". Semisal video-video yang gw tonton memang berbekas dan berefek perubahan positif dalam hidup gw sih mungkin ngga masalah, cuma kalau sekedar pemuas nafsu penasaran dan terlena dalam algoritma youtube, ini yang gw anggep bermasalah, sangat! (Berbicara tentang Youtube dan Tetek Bengeknya, gw punya sedikit pembahasan yang mungkin bakal gw bikin di lain artikel).

Video Kedua

How To Find Your Passion
Sumber: Youtube.com

Lanjut ke video selanjutnya, masih dari channel dan orang yang sama, alasan gw milih video ini dari sekian banyak rekomendasi video lainnya, tentu saja karena sesuai dengan apa yang gw tengah rasakan sekarang.
Video itu refers banget ke gw sih, asli! Gw yang saat ini tengah kebingungan dengan apa yang sebenarnya mau gw lakukan ke depan? atau kemampuan apa sih yang sebenarnya gw bisa?.
Setiap arahan yang ditawarkan dari video itu gw lakuin satu persatu (buat yang penasaran, klik ajah judul video yang gw kasih di atas, itu udah gw sisipkan link aktif di dalamnya yah), gw dapet dan insya Allah gw bakal coba lakukan mulai besok.

Oh iyah~ dari video ini juga, gw dapatkan kesimpulan akan kebiasaan-kebiasaan gw tentang manakah yang masuk ke ranah konsumtif atau sekedar kepuasan belaka, dan mana yang masuk ke ranah kreasi atau produktif. Di saat yang sama, gw temukan beberapa cara mengakali atau mensiasati kebiasaan kurang produktif kita agar lebih produktif.
Dan satu hal yang bisa membuat semua rencana gw ini bisa berjalan dengan lancar, yaitu LAKUKAN! or u can say it in English as "Do It!". Hahah tiba-tiba gw teringat sama video tentang moto kepemimpinannya Barack Obama, mantan Presiden Amerika yang pernah gw tonton bareng di Pondok jaman MTs, kalau ngga salah kita (semua santri) nonton bareng ba'da subuh setelah 'Muhadasah' (Latihan Berbicara Bahasa) yang pada saat itu adalah minggu bahasa Inggris dan kami disuguhkan dengan video-video pembelajaran bahasa Inggris, lalu diakhiri dengan video motivasi dari kutipan Barack Obama tersebut.

Video Ketiga

Stop Searching For Your Passion - Terri Trespicio
Sumber: Youtube.com

Berbicara tentang passion, karena video kedua berbau tentang sebuah passion, lanjutlah kepada video ketiga dari jajaran rekomendasi video saat itu yang gw klik.
Video ini berasal dari channel TEDx, mungkin sebagian kalian sudah pernah mendengar atau menonton beberapa video TEDx, jadi mungkin perihal apa itu TEDx dan isi kontennya ngga akan gw bahas di artikel ini, silahkan cari tahu sendiri~ :).
Pembicara dalam video yang gw tonton adalah "Terri Trespicio", untuk sedikit profil tentang beliau, sebagai berikut:
Terri Trespicio is a branding strategist who helps visionaries, experts, entrepreneurs, and businesses communicate with power and precision across media platforms. She consults with a wide range of experts, everyone from surgeons and social media celebs to startups and brand managers.
Gw punya kebiasaan membuka aplikasi notepad (berhubung ini aplikasi catatan paling ringan di windows dan mudah mengaksesnya) untuk sekedar mencatat apa yang menurut gw perlu dicatat. Ngga harus kata-kata bijak dari apa yang gw tonton, terkadang nama-nama aneh dan unik yang baru pertama kali gw denger, atau nama orang hebat yang gw baru tau, dan yang paling sering itu kalimat-kalimat bahasa inggris yang pengucapannya mudah, namun terkadang gw ngga kepikiran untuk menggunakan kalimat tersebut dan masih banyak hal lainnya.
Sekian tentang penjelasan kebiasaan membuka aplikasi notepad gw, sekarang gw mau berbagi tentang beberapa kalimat yang gw dapatkan dari video itu dan gw tulis di catatan gw.

Kalimat pertama dalam catatan
Passions is = Where your Energy and Effort Meets Someone Else's Need.

Kalau kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menurut gw tuh mungkin artinya "Passion adalah ketika Energi dan Usahamu bertemu dengan Kebutuhan orang lain".
Dari judul videnya saja sudah menjelaskan bahwa passion itu jangan dicari! dan penjelasan dia tentang kalimat catatan diatas tuh bahwa passion akan datang seiring kegiatan apa yang terus kita lakukan, jadi daripada berlama-lama memikirkan sebenarnya apa sih passion kita, dan kita diam saja tanpa melakukan apa-apa, berharap passion kita segera datang menghampiri kita dan barulah kita mulai melakukannya, akan LEBIH BAIK kalau kita mulai melakukan sesuatu, apapun itu yang bisa kita lakukan saat itu, ngga perlu memikirkan apakah ini passion kita atau selaraskah ini dengan passion kita, lakukan saja! passion akan muncul seiring berjalannya waktu melalui perasaan kita terhadap semua aktivitas yang kita lakukan saat itu.

Kalimat kedua dalam catatan
Realizing what you have to Contribute.

Artinya menurut gw "Menyadari kontribusi apa yang harus kita berikan?".
Setiap orang memiliki kemampuan mereka masing-masing dan kadarnya masing-masing, tidak perlu iri apalagi tertekan dengan kadar kemampuan mereka yang kita rasa lebih tinggi dari kita.
Passion itu didapatkan dari perasaan, dan sebagaimana kita ketahui bahwa perasaan manusia itu keadaannya tidak tetap, sering atau bahkan selalu berubah-berubah mengikuti keadaan yang ada. Oleh karena itu~ mengapa kita harus mulai melakukan sesuatu tanpa memikirkan apakah yang kita lakukan dan kerjakan merupakan passion kita? karena kita Harus!
Kita tidak akan sadar dengan kebermanfaatan kemampuan yang kita miliki untuk sesama kalau kita tidak mulai melakukan sesuatu, terkadang apa yang kita anggap kemampuan kita, namun karena kita jarang melakukannya~ malah berujung menjadi kita yang menjadi kurang produktif dan kemampuan yang kita yakini ada pada diri kita pun akan kurang bermanfaat adanya.
Jadiii~ Mari kita mulai melakukan apapun itu yang bisa kita lakukan saat ini, tidak akan ada yang tahu apa yang akan kita rasakan ke depannya, yang kelak kita akan tahu adalah bahwa kita dibutuhkan oleh mereka, dengan sesuatu yang tengah kita lakukan saat itu.

Kalimat ketiga dalam catatan
Just Start Doing!
Because to Live a Life Full of Meaning and Value,
You dont Follow Your passions, Your passions Follow You.

Kalimat ini adalah penutup dari penuturan dan penjelasan kalimat pertama dan kedua dalam catatan gw.
Lemme translate it to Indonesia~
"Mulai Lakukan Saja! Karena untuk hidup di dalam kehidupan yang penuh dengan arti dan nilai, kamu tidak mengikuti passionmu, tapi passion yang mengikutimu"
Gw rasa dari penggalan terjemahan versi gw diatas udah biasa membuat kita paham yah dengan maksud kalimatnya, dan sebagian besarnya udah gw jelaskan di penjelasan-penjelasan sebelumnya.

Semoga tulisan yang jauh dari kata rapih ini bisa memberikan sedikit manfaat dan pencerahan buat kalian dan pribadi gw.

Terkahir~ Mari Mulai Melakukan Sesuatu yang Mampu Kita Lakukan Saat Ini!
Just Do It!

Terima kasih~
Gw DeeZain, Pamit.

Bogor, 27 Februari 2020 jam 00:47 s/d 00:55, dilanjut 08:30 s/d 08:54.
Reactions

Post a Comment

2 Comments

  1. Keren sih ini, jujur ajah pribadi saya juga cukup susah buat nentuin apa sebenernya passion saya dalam hidup ini. Bingung sendiri gituh.
    Dan akhirnya, jalanin ajah deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahay~ begitulah
      Emang paling simpel daripada pusing 'terlalu' mikirin sih yah Jalanin Ajah~

      *Peace~

      Delete

Monggo Dikomen Pabila Berkenan~