Masalah Gw Saat Ini

Masjid Jami Ummul Quro Al-Islami (2018 kalau ga salah)

Ellow Kengkawan!
Semoga kalian semua dan gw pribadi selalu berada dalam keadaan Baik-baik saja yah~

Ada beberapa hal yang mau gw utarakan dalam artikel ini

Pertama gw...

Kangen

Mungkin malam ini udah masuk malam keempat gw kembali terlena dalam alunan lagu-lagu Pondok (Ummul Quro Al-Islami). Yah tempat gw nimba ilmu selama 6 tahun, dilanjut ngabdi sebagai pasukan berkas-berkas Madrasah Tsanawiyah selama 2 tahun dan penjaga 250 butir komputer yang juga selama 2 tahun. Total keseluruhan 10 tahun lamanya, huusshh~ kalau gw inget-inget lagi tentang selama itu ternyata gw pernah tinggal di kampung orang yang udah gw anggep rumah sendiri saat itu. Well~ 10 tahun cuy! hahah
Selama 6 tahun mondok, mungkin mustahil buat gw bisa interaksi sama orang luar di sekitar pondok, karena peraturan yang berjalan jelas tidak membolehkan hal itu. 6 tahun hidup mandiri~ yah! kemandirian adalah salah satu hal yang bener-bener gw dapet selama gw mondok, terlepas dari ilmu, pengalaman, pertemanan dan keberkahan. Disamping belajar buat jadi seorang anak laki-laki yang mandiri, disana gw diGembleng! keseharian kami disana terikat oleh sebuah disiplin yang cukup ketat dan sangat mengekang, pada awalnya~ tahun keempat gw mondok, itu udah jadi momen gw anggep aturan yang berjalan tuh udah kaya keseharian seperti biasanya ajah, bangun kelewat pagi dan tidur kelewat malem! hahah
Waktu gw mondok dulu tuh masih jamannya dibangunin jam 2, yeps~ sangat dini sekali hahah
Jam 2 kami bangun (atau lebih tepatnya dipaksa bangun xD) ke masjid dan melaksanakan rangkaian tahajjud sampai subuh, bada subuh lanjut ke kelas, keluar sekitar jam enam kurang seperapat, dan berangkat ke kelas lagi jam tujuh kurang seperapat. Satu jam yang bener-bener mepet ini harus bisa kami gunakan buat mandi, makan, menyiapkan cucian (untuk mereka yang menggunakan jasa cuci yang dikelola pondok). Bersaing waktu dengan teman-teman lainnya, hmmm yang berjumlah kira-kira tiga ribu lah yah saat itu~ wkwk! silahkan kalian bayangkan~
Merupakan hal wajar kita temui melihat santri yang pergi ke kelas dalam keadaan belum mandi atau makan. Kedua hal pokok ini merupakan kebimbangan kami dalam mengatur waktu di pagi hari, tidak jarang jika salah satunya harus terkorbankan demi kelancaran memanfaatkan waktu sejam yang ada. Dan kalau memang salah satunya terkorbankan, maka jadwal mereka akan dipindahkan pada jam istirahat pertama, yakni jam sembilan siang.
Waahh kenapa gw Flashback! wkwk

(*Jujur yah~ dari awal tuh bukan hal ini yang mau gw bahas dalam artikel ini, tapi entah kenapa jadi gw bawa-bawa segala dan bablas). Mungkin efek kangen yang berlebihan~

Kembali ke pembahasan yang gw niat tulis~
Sebagaimana gw bilang sebelumnya kalau tempat ini berasa rumah kedua buat gw, bedanya gw cuma bisa berinteraksi sama temen-temen di dalam ruang lingkup pondok, hampir mustahil untuk bergaul dengan orang luar.

Tapi inget~ gw punya 4 tahun disana sebagai pengabdi, selama 4 tahun ini lah gw mulai berinteraksi sama orang-orang di luar wilayah pesantren. Disini gw mulai sedikit kenal dengan beberapa anak muda kampung sana, dan beberapa orangtua yang ngga sengaja ketemu dan ngobrol di tempat kopi, akhirnya nyambung dan kami bangun sebuah hubungan, ada yang sekedar kenal saat itu dan hilang, ada juga yang berkepanjangan~
Nongkrong buat sekedar ngopi dan ngobrol santai merupakan hal yang terlalu sering gw lakuin selama 4 tahun itu, hitung-hitung mengisi waktu luang dan kadang korupsi waktu kerjaan yang sering gw lewatkan dengan sengaja.
Harap maklum~ kenakalan gw baru mulai menggebu dan keterlaluannya saat itu, yang membuat gw terkesan seperti seorang pembangkang, jauh dari kata anak yang sangat taat dengan sebuah peraturan.
(Sial! lagi2 gw bablas kepanjangan dan ngalor ngidur ke luar pembahasan~) hahah.
*Kok jadi pengen bikin satu Blog lagi khusus cerita gw di Pondok dl yah~ bayangan gw sih bakal makan sampai puluhan judul nih kalau emang jadi.

Pokonya gw lagi kangen. (titik)
Dengan semua hal saat gw ada disana, tempat itu yang ngejadiin gw sebagai DeeZain saat ini, mereka (mentemen dan orang yg gw kenal dan temuin) yang memanipulasi gw yang dulunya polos, pemalu, pendiem dll~ menjadi gw yang kelewat aktif (yeah u can say it as hyperactive) pembangkang, lebih berani, susah diatur dan tentunya lebih keras seperti sekarang.
Biasanya di saat gw kangen gini, gw langsung meluncur silaturahmi ke sana, berhubung ada beberapa hal yang ngga memungkinkan gw buat kesana sekarang-sekarang, akhirnya kangen itu biar kebantu ilang lewat lagu-lagu pondok yang sering gw denger belakangan ini.

Diambil sebelum Ngajar ke Kelas~

Hal yang kedua...

Bosan

Menurut penilaian gw terhadap diri sendiri, gw tuh termasuk orang yang gampang termanipulasi oleh faktor eksternal, dalam beberapa hal~
Gw Moody (Banget!), kebiasaan gw ngeDesain dan Terjun berlebihan di dunia komputer membuat kepribadian gw jadi Super Moody dalam banyak hal~ (*tuh kan melenceng lagi!!! hahah) Astagaaa gw macem orang mabok ajah ngomongin banyak hal dalam satu pembahasan, yang akhirnya malah ke luar inti obrolan dan nyambung kemana-mana wkwk
Yah kembali lagi~
Gw gampang kepengaruh sama orang di beberapa hal, salah satunya masalah Semangat, beberapa hari yang lalu gw mulai Blog Walking lagi, karena dalam dua minggu ini gw lagi seneng buka Blog ini. Dalam harapan dan angan~ dengan semangat gw saat itu, hasil ngeliat beberapa Blogger yang ternyata masih pada aktif dalam mengisi konten Blognya, walau sekedar Sharing dll~ gw yakin kalau gw juga bisa aktif lagi dengan mengisid artikel di Blog ini satu Konten dalam satu hari.
Dan ternyata lagi-lagi hal itu terlalu cepat berlalu~ Semangat yang gw dapat di beberapa hari kemaren itu sempet luntur kemaren, gw ga buka sama sekali karna disibukkan oleh hal lain yang gw rasa ngga banget ngeganggu waktu gw buat sekedar nulis kadar satu tulisan untuk Blog ini.
Dan gw bosen dengan semua itu! haha
Beberapa do'a gw belakangan ini selalu minta agar diIstiqomahkan dalam perbuatan baik seperti dulu~ Khususnya dalam mengisi konten setiap harinya disini.

dari kanan (Kelas, Asrama Guru dan Asrama Santri)

Hal yang ketiga...

Aneh

Sebenernya bukan hal yang aneh ketika gw berkelakuan or bertingkah aneh dalam keseharian gw~
Tapi setelah terjun lagi ke dunia tulis menulis sekarang ini, baru gw sadarin salah satu faktor yang bikin gw males nulis.
1. Ketika nulis, selalu nyambung ke banyak hal. Alhasil gw...
2. Ga bisa fokus dalam satu materi yang niat gw bawain sebelumnya.

Kalian mungkin bisa menilainya dari isi artikel ini, tepatnya diatas kalimat ini.
Ketika gw nulis, gw jarang ngehapus tulisan yang udah gw tulis, walaupun gw tau itu keluar jalur~ Dan kali ini gw ngerasa keluar jalurnya kebangetan, sampe harus gw tulis kalimat penjelas bahwa gw keluar jalur nih pas nulis hahah.
Gw pernah sedikit baca-baca tentang menjadi seorang penulis buku. Salah satu dari banyak hal yang gw dapet adalah "Siapkan kerangka tulisan yang ingin kamu buat".
Jujur~ dari awal gw tau ini, gw selalu berusaha bikin kerangka tulisan atau alur cerita tentang tulisan-tulisan atau cerita yang pengen gw tulis. Tapiii...~ sampe detik ini dan buktinya tulisan ini, gw ga pernah bisa fokus dalam menulis satu hal.
Inilah yang mengapa dari dulu, waktu seneng-senengnya nulis~ gw ga pernah sekalipun ngasih judul di awal, dan gw ga pernah bisa nebak apa akhir dari cerita yang lagi gw buat. Seringkali di tengah jalan cerita yang awalnya gw niat bikin begini biar endingnya begitu, malah jadi begitu dan endingnya begini.

Buat yang punya pengalaman dan masalah serupa dalam menulis, dengan amat sangat gw mohon bimbingan dan arahannya~ atau minimal kasih tau lah trik yang menurut kalian jitu ketika kalian gunakan dalam fokus saat menulis. Makasih~

2020 Semoga Lebih Hidup~
Tahun ini gw tekadkan sekali lagi kalau gw bakal jadi lebih baik lagi dari biasanya, dan perihal ketidakfokusan gw dalam menulis, bakal gw kasih perhatian khusus mulai dari sekarang, mungkin langkah awal gw bakal bikin satu blog khusus yang isinya cuma tentang kehidupan gw di Kampung orang selama 10 tahun.
Gw mau liat seberapa rapih gw dalam menulis dan merangkai keseluruhan cerita agar alurnya tetap rapih dan sebagaimana mestinya.

Ok, sekian dulu~ heheh
Jujur lagi~ sebenernya ini jari dari tadi lancar banget loh ngetik di Keyboard, yang biasanya gw suntuk dan sering berhenti sesekali pas nulis buat baca ulang dan mikirin kelanjutan, sekarang gw full ga berhenti ngetik sampai sini.
Gw ngerasa kalau gw lanjutin tulisan ini, mungkin bakal panjang banget dan gw takut ini malah jadi sesuatu yang membosankan. (emang ada yang baca ini keseluruhan xD hahah)
Entahlah~ walau kemungkinan tulisan ini bakal kebaca sama orang lain itu kecil, gw tetep menulisnya seolah gw lagi ngasih tau hal-hal ini dan itu ke kalian (yang entah siapa dan benarkah adanya).
Astagaaaa~ lagi-lagi ini ngalor ngidul~ hahahahah (*asli gw ngakak cuy wkwk)

Ok Gw DeeZain, Pamit!!!! xD

Reactions

Post a Comment

0 Comments